PEMUDA DAMBAAN UMMAT



                                  Hasil gambar untuk gambar animasi para sahabat muslim
 Pemuda.. Sosok yang sangat di perlukan untuk ummat ini. Bukan cuman buat jadi pahlawan, akan tetapi juga sbagai pendakwah ajaran islam ini. Sosok pemuda yang bagaimanakah? 

Mengikuti Rosulullah dan Para Sahabat
                Allah berfirman:
"والسّابقون الأوّلون من المهاجرين والأنصار والّذين اتبعوهم بإحسان رضي الله عنهم و رضوا عنه"

"Dan orang-orang terdahulu, orang-orang yang pertama masuk islam di antara orang-orang muhajirin, anshor, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridho kepada mereka dan mereka pun ridho kepada Allah."(QS.at-taubah:100)

Dari firman Allah tersebut, apabila kita mengikuti Rosulullah صلى الله عليه وسلّم, para sahabatnya dan para ulama' yang senantiasa mengikuti ajarannya maka Allah juga meridhoi kita. Mendawamkan amal-amal yang senantiasa mereka kerjakan, mempelajari ilmu-ilmu mereka, dan mencontoh akhlaq-akhlaq mereka. 

 Ta'at kepada Allah
              Melaksanakan apa yang di perintahkan Allah kepada kita, baik yang wajib maupun yang sunnah. Menghiasi hati kita dengan khosyyah kepada Allah, akan menimbulkan rasa malu kepada Allah apabila kita hendak melakukan suatu kemaksiatan kepada Allah. Dan itu termasuk bentuk rasa ta'at kita kepada Allah. Agar rasa ta'at dan takut kita kepada Allah bertambah, kita di anjurkan untuk sering membaca dan memahami makna ayat-ayat al-qur'an yang berisi tentang peringatan Allah kepada para hambanya. Allah berfirman 
انّما المؤمنون الّذين إذا ذكر الله وجلت قلوبهم وإذا تليت اٰيٰته زادتهم ايمانا وعلى ربّهم يتوكّلون

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila di sebut nama Allah, gemetar hatinya dan apabila di bacakan ayat-ayat Allah kepada mereka, bertambah kuat iman mereka dan hanya kepada Allah lah mereka bertawakkal."(QS.al-anfal:2)

Dari firman Allah tersebut, di katakan bahwa orang-orang yang beriman itu yang ketika disebut nama Allah hatinya bergetar, dan ketika di bacakan ayat Allah bertambahlah imannya, dan senantiasa bertawakkal kepada Allah.

Haus Akan Ilmu
                 Seperti apa yang telah para ulama' kita lakukan, mereka rela berjalan ber kilo-kilo meter untuk tholabul 'ilmi. Padahal, belum tentu satu perjalanan dapat di tempuh dalam sehari semalam. Itupun, terkadang cuma pendapatkan satu hadits saja. Maa syaa'allah, betapa tinggi semangat mereka dalam tholabul 'ilmi. Alhamdulillah, kita sudah di mudahkan oleh Allah dalam tholabul' ilmi. Baik dalam hal sarana, pra sarana. Mari, kita tingkatkan semangat kita untuk senantiasa tholabul 'ilmi hingga sampai pada ajal kita. Ilmu yang di maksud disini ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Ilmu dunia yang di landasi dengan ilmu akhirat insya Allah lebih bermanfa'at dan berguna bagi sesama kita. Allah berfirman:
إقرأ باسم ربّك الّذى خلق. خلق الإنسان من علق. إقرأ وربّك الاكرم. الّذى علّم بالقلم. علّم الإنسان ما لم يعلم. الّذى علّم بالقلم

"Bacalah dengan menyebut nama Robb mu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Robb mu Yang Maha Mulia . Yang mengajar(manusia) dengan pena. Dia mengajarkmengajarkan manusia apa yang tidak di ketahuinya."(QS.al-alaq:1-5)
           Allah memerintahkan kepada kita untuk tholabul 'ilmi, dengan cara banyak membaca ilmu-ilmu Allah dan memperhatikanmemperhatikan ayat-ayat Allah, mengkaji dan mengkaji makna yang terkandung di dalam al-qur'an. Selain membaca, kita juga di anjurkan untuk mendatangi majlis-majlis ilmu, serta berguru dengan orang-orang sholih.

Memiliki Cita-Cita yang Tinggi
                 Cita-cita yang tinggi disini dalam artian cita-cita yang di gantungkan pada akhirat. Dengan niat yang kuat, semangat yang tinggi, dan kesungguhan yang pula. Tak lupa, disertai dengan do'a agar apa yang di usahan untuk ummat ini tidak sia-sia. Dalam mengejar cita-cita, di butuhkan kesabaran yang luar biasa.jangan sampai kita down, menyerah, dan akhirnya berhenti mengejar cita-cita tersebut. Wallahu a'lam..
Mohon koreksinya..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADA HIKMAH DIBALIK UJIAN

ISTIQOMAH SAMPAI HUSNUL KHOTIMAH

NAJIS DIMANA-MANA

CURAHAN HATI DI MALAM TAHUN BARU

KESEMUAN YANG NYATA

TAKLIM YUUK..

LANGIT...

MASALAH KEHIDUPAN

BURUNG MERAK PARA FUQOHA'